MENGENAL AUTOLISP

AutoCAD telah digunakan secara luas untuk menggambar teknik. Ragam fitur mumpuni ada di AutoCAD. Pembaruan, perbaikan, dan peningkatan terus dilakukan. Akan tetapi, luasnya pekerjaan yang menggunakan aplikasi ini membuat kebutuhan dan tuntutan personal terhadapnya juga makin tinggi dan beragam.

Setiap kita punya pekerjaan yang berbeda. Data yang kita kelola, cara mengelola, dan keluaran yang diinginkan juga berbeda. Tidak semua langkah pekerjaan bisa dibundle kemudian dijadikan suatu fitur di AutoCAD untuk memenuhi kebutuhan masing-masing. AutoCAD hanya bisa memberikan fitur-fitur umum yang berlaku untuk semua orang.

Mengerjakan langkah demi langkah yang panjang, kemudian mengulanginya lagi secara manual sangat melelahkan. Itu sangat umum terjadi pada kebanyakan drafter. Banyak drafter pemula yang pasrah dengan kondisi tersebut, "Namanya kerja ya gini, capek." Padahal tidak melulu harus begitu. Jika kita punya urutan langkah pekerjaan yang panjang dan berulang akan sangat efektif jika kita menyimpannya. Sehingga tindakan tersebut dapat kita ulang secara otomatis. Apakah itu mungkin? Mungkin, solusinya adalah pemrograman AutoLISP.

AutoLISP adalah bahasa pemrograman yang memungkinkan kita untuk menambah fungsi di AutoCAD. Urutan kerja yang panjang dan berulang dapat kita himpun dan kita jadikan suatu fungsi/fitur baru dalam AutoCAD kita. Sehingga pekerjaan dapat dilakukan dengan cepat dan otomatis. Tonton video berikut untuk dapat gambaran lebih jelas.



Bagi yang tertarik untuk belajar lebih jauh, berikut ini beberapa sumber belajar yang kami rekomendasikan:
Blog ini juga membagikan tutorial AutoLISP lengkap dengan video dan kode program yang bisa kalian download. Satu lagi, kalian mungkin akan butuh NotePad++ jika ingin menulis program ini dengan mudah dan nyaman. Sekian, semoga bermanfaat, salam.

LotusProEdu

Komentar