Cara Blokir Iklan Google Adsense Tak Pantas atau Tak Sesuai


Bagi kalian yang hobi menulis atau membuat konten, kini berpeluang untuk menghasilkan uang dengan menjadi mitra penayang iklan, Google AdSense. Namun, luasnya cakupan dan ragam iklan yang mungkin tampil menjadi persoalan tersendiri. Sebagai orang timur, terlebih lagi muslim, preferensi kita terhadap mana yang pantas dan tidak menjadi lebih ketat. Belum lagi jika kita sadari bahwa pengunjung/pemirsa kita menuntut konten yang ramah anak dan keluarga. Maka semakin banyaklah kategori iklan yang kita harap tidak muncul  dalam blog atau kanal YouTube kita.

Persoalan ini membuat tidak sedikit blogger atau pemilik situs ragu me-monetize konten mereka, dengan alasan takut menampilkan iklan yang tidak sesuai. Kelompok ini akan bertanya, Pasang AdSense atau tidak? Di sisi lain, ada yang sedari awal tidak mawas (aware) tentang potensi persoalan ini. Sehingga sudah terlanjur pasang Adsense dan blog/web-nya sering tampil iklan aneh-aneh. Ada yang kemudian sadar sendiri saat memeriksa tampilan, ada yang sampai diprotes pengunjung baru kemudian sadar. Kelompok ini akan berpikir, Apakah perlu copot AdSense karena iklan tidak pantas?



Hal di atas mungkin terjadi karena kurangnya informasi yang diterima. Sebenarnya kita masih memiliki kontrol terhadap iklan yang tayang di blog/kanal kita. Kita bisa memblokir iklan Adsense yang tak pantas atau tak sesuai. Kita bisa melakukannya dengan memblokir kategori iklan yang berpotensi untuk tidak sesuai dengan preferensi kita. Kategori yang ada cukup banyak. Cukup memakan waktu untuk memeriksanya satu persatu. Oleh karena itu, dalam tutorial ini sudah disertakan kategori mana saja yang perlu diblokir. Berikut cara blokir iklan Adsense yang tak pantas atau tak sesuai, step by step:

PERHATIAN: Preferensi masing-masing individu dapat berbeda. Preferensi yang digunakan dalam tutorial ini adalah preferensi pribadi saya. Tidak pernah dimaksudkan untuk menyinggung, ataupun dipertentangkan siapapun yang memiliki pendapat yang berbeda.
PertamaAnda perlu login ke akun Adsense. Kemudian pilih tab Kontrol Pemblokiriran (di sebelah kiri). Pilih Content, kemudian Semua situs.




Pilih tab Kategori sensitif, langsung blokir kedua sub-kategori yang ada.


Beralihlah ke Kategori umum. Scroll ke bawah, blokir kategori Makan & Kehidupan Malam


Buka kategori Busana, blokir sub-kategori:
  • Pakaian Dalam
  • Pakaian Renang
  • Pakaian Tidur

Buka kategori Hobi, Game & Kesenangan, blokir sub-kategori:
  • Perjudian untuk Kesenangan

Buka kategori Keluarga & Komunitas, blokir sub-kategori:
  • Romansa & Hubungan

Buka kategori Keluarga & Komunitas, masuk ke sub-kategori Masalah & Advokasi Sosial, kemudian blokir sub-kategori:

  • Hak Reproduksi

Buka kategori Keluarga & Komunitas, masuk ke sub-kategori Iman & Kepercayaan, blokir kepercayaan yang tidak ingin Anda tampilkan. 


Buka kategori Perawatan Kecantikan & Pribadi, blokir sub-kategori:
  • Seni Rajah & Tindik

Buka kategori Perjalanan & Pariwisata, blokir sub-kategori:
  • Perjalanan Khusus

Buka kategori Toko Makanan & Kelontong, blokir sub-kategori:
  • Tembakau
Buka kategori Toko Makanan & Kelontong, masuk sub-kategori Minuman, blokir sub-kategori:
  • Minuman Beralkohol

Nah, secara umum, kategori yang berpotensi memunculkan iklan tak pantas (tidak sesuai dengan preferensi kita) telah kita blokir. Akan tetapi, ini bukan berarti iklan semacam itu 100% sama sekali tidak akan muncul. Ada baiknya Anda secara berkala meninjau iklan yang muncul dari tab Pusat peninjauan iklan. Dari sini Anda dapat meninjau iklan satu persatu dan memblokir yang tidak sesuai.



Pada tab pencarian kita juga dapat secara cepat mencari iklan berdasarkan teks, url, atau domainnya.



Demikian, cara blokir iklan Google Adsense tak pantas atau tak sesuai. Semoga ini bisa menjadi solusi bagi teman-teman yang:
  • Masih ragu me-monetize blognya dengan alasan takut menampilkan iklan yang tidak sesuai.
  • Sudah pasang Adsense tapi blog/web-nya masih sering tampil iklan aneh-aneh sampai diprotes pengunjung.
Semoga bermafaat, mohon maaf atas segala keterbatasan. Salam.

LotusProEdu

Komentar